Laman

Sabtu, 07 April 2012

Cara Merawat Catridge Printer



Sering kerusakan Cartridge Printer adalah masalah yang klasik dan hampir semua pemilik printer pernah mengalaminya itu disebabkan karena kurangnya pengalaman dan ketidak mengertian tentang cara merawat Cartridge Printer dengan baik dan benar. 

Untuk itu pada kesempatan kalai ini ayas akan berbagi sedikit pengalaman ayas tentang bagaimana cara merawat Cartridge Printer dengan baik dan benar supaya gak sering ganti-ganti Cartridge Printer lagi.


Berikut adalah cara-cara ayas merawat Cartridge Printer : 

1. Segera isi tinta Cartridge bila sudah mulai menunjukan tinta akan habis.

Terkadang orang-orang membiarkan cukup lama Cartridge kehabisan tinta dan itu adalah kesalahan besar, bila tinta dalam Cartridge mulai habis segeralah isi karena bila terlalu lama dibiarkan kemudian tinta mulai mengering maka akan menyumbat lubang semprot dan lama kelamaan Cartridge anda akan rusak.

2. Jangan sampai printer tidak digunakan selama berminggu-minggu

Biasanya kita menggunakan printer pada saat dibutuhkan saja kemudian setelah tidak dibutuhkan lagi maka tidak digunakan lagi, bila dalam jangka pendek tidak masalah kita tidak menggunakan printer tapi jika sampai berminggu-minggu, berbulan-bulan maka habis sudah Cartridge kita. Tinta diujung kepala semprot adalah yang paling sering terkena angin sehingga bila lama tidak digunakan maka akan kering dan menyumbat lubang semprot. Ayas sarankan untuk menggunakan printer setidaknya 3 kali dalam seminggu agar tinta tidak kering dan Cartridge kita jadi awet.

3. Jangan sering-sering menghidupkan dan mematikan printer.

Usahakan untuk membiarkan printer tetap hidup, di samping tidak menyedot banyak daya listrik juga karena bisa memperpanjang umur cartridge. Saat printer dinyalakan, printer mengirimkan sinyal untuk segera mengganti tinta pada head agar tidak tersumbat. Jika anda mematikan printer dan lain waktu anda menghidupkannya lagi, maka printer tetap akan melakukan penggantian tinta pada head sehingga ini adalah penghamburan tinta.

4. Usahakan untuk tidak melepas Cartridge dari tempatnya ketika ingin mengisi tinta.

Biasanya ada Cartridge yang memiliki lubang pengisian di atas untuk memudahkan dalam pengisian, kenapa berada di atas karena kita seharusnya pada saat mengisikan tinta tidak harus melepas Cartridge tersebut. Terkadang pada saat kita melepas Cartridge dari tempatnya dan ingin mengisikan tinta secara tidak sengaja kita menyentuh lepeng yang berwarna kuning di bagian samping Cartridge dan itu adalah sangat dilarang sekali karena lempeng kuning tersebut tidak boleh sampai terkena tangan apalagi sampai tergores akan sangat fatal sekali akibatnya, lempeng kuning tersebut adalah jalan untuk mengirimkan data sehingga bila terkena debu atau tergores akan mempergaruhi proses pengiriman data pada Cartridge.


Itulah cara-cara yang biasa ayas terapkan pada priter ayas dirumah dan Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada masalah. Semoga berguna dan bermanfaat bagi agan-agan semuanya...^_^...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Follow by Email